Langit Yang Indah

Kalau bukan karena merapikan buku-buku pinjaman dari perpustakaan , saya tak pernah menyadari kalau kami sudah belajar tentang benda langit seminggu terakhir ini.
Dimulai ketika saya membacakan buku fiksi Aisha Goes To Space dari Seri kecil-kecil punya karya yang kami beli secara online di website www.bermaindanbelajar.com . Sebenarnya Aisha sudah membacanya sendiri, hanya menurutnya kurang menarik padahal tokohnya bernama Aisha (?).
 Tetapi ketika saya membacanya keras-keras, dia mulai menikmati cerita dalam buku tersebut dan menarik banyak kosakata tentang benda langit. Ceritanya sendiri benar-benar jauh dari kenyataan, tetapi si penulis yang baru 12 tahun itu banyak menggunakan pengetahuan dari buku pelajaran sains sekolah dasar. Seperti tentang susunan tata surya, nama-nama planet hingga misi penelitian di luar angkasa yang pernah melibatkan seekor anjing.
Karena banyak yang belum kami mengerti, seperti mengenai rasi bintang, satelit Mars, supernova dan matahari, saya meminjam beberapa buku dari perpustakaan. Topik Seru! Ruang Angkasa dan Ensiklopedi Mini Sains terbitan Erlangga For kids kami jadikan bahan bacaan selanjutnya. Maliq ikut menikmati kegiatan membaca nyaring dan mengamati gambar-gambar.

Asyiknya, langit di Pelaihari ini jauh lebih cerah dan lebih indah dibandingkan dengan di kota asal kami, Bekasi.  Menurut referensi yang kami baca, kemungkinannya karena lebih sedikit cahaya buatan manusia di tempat ini. Begitu jernihnya langit disini pada malam hari sehingga pemandangan ribuan bintang mengingatkan saya akan pengalaman ke Planetarium waktu SD dulu. Maliq dan Aisha belum pernah ke planetarium, tetapi sudah melihat pemandangan aslinya. Bahkan dalam satu “petualangan” kami memandangi langit malam hari, terlihat juga bintang jatuh. Sesuatu yang jauh berbeda dengan langit Jakarta di malam hari.

Komentar

  1. Makasih, Mbak Aniek. Banyak mengupas buku2 Indonesia dong, hahaha... Saya orangnya suka gak puas kalo gak liat sendiri isinya. Untuk buku bahasa Indonesia masih sering kecewa sih, terus terang (kecuali buku terjemahan :P).

    Kalo seperti Mbak Aniek begini kan jadi ada bayangan, hihihi...

    --Dina

    BalasHapus
  2. mupeng asli....langit indah dgn bintang2 yg jelas terlihat...dulu salah satu cita2 imajinasiku jadi astronot :)

    BalasHapus

Posting Komentar