Belajar Lingkungan, Yuk!

Isu lingkungan seperti pemanasan global, pencemaran tanah dan air, penipisan lapisan ozon dan masalah sampah tentu bukan hal baru saat ini. Hingga ada mata pelajaran khusus PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) yang sudah dimulai sejak kelas 1 Sekolah dasar menggunakan buku paket khusus.

Kepentingan memasukkan pendidikan lingkungan hidup ke semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan inipun tertuang dalam kesepakatan bersama MenLH-Mendiknas No.03/MENLH/02/2010 tentang Pendidikan Lingkungan Hidup. Isi lengkap mengenai kesepakatan ini, bisa anda download di :

http://www.menlh.go.id/home/index.php?option=com_content&view=category&id=91&Itemid=240&lang=en

Sebenarnya ketertarikan saya pada urusan pendidikan lingkungan hidup ini dimulai sejak awal tahun pelajaran 2010/2011, waktu mendaftarkan anak saya Aisha masuk kelas I SD. Ada mata pelajaran khusus mengenai Pendidikan Lingkungan Hidup yang tidak pernah saya temukan semasa sekolah dulu.  Dari sini saya mulai mencari tahu mengenai sumber-sumber pelajaran lingkungan hidup untuk anak-anak.

Berikut beberapa diantaranya :

ACIL (Anak Cinta Lingkungan)

Ada link menarik dalam website kementrian lingkungan hidup yaitu ACIL atau Anak Cinta Lingkungan.

http://acil.menlh.go.id/

Media yang menarik untuk mempelajari masalah-masalah lingkungan dengan bahasa, permainan dan tampilan yang sesuai untuk anak-anak. Lengkap dengan puzzle dan lembar mewarnai, yang walaupun halaman mewarnainya kurang menarik, tapi secara keseluruhan website ini cukup menarik untuk dieksplorasi anak-anak.

 Selain ACIL, ada juga Ozon Indonesia (http://www.ozon-indonesia.org/index.php?table=buku) yang menyediakan link download whoknow cards yang menarik untuk anak-anak. Sayangnya, link download untuk "A Guide for primary school teachers " nya sudah tidak bisa diakses.

Kalau yang berbahasa inggris, sumbernya -tentu saja- lebih banyak, diantaranya :
http://www.epa.gov/kids/ dan http://www.unep.org/ozonaction/Topics/ChildrenandOzzyOzone/tabid/6216/Default.aspx

Selain dari internet, ada penggiat pendidikan lingkungan yang cukup konsisten seperti Ibu Holy Setyawati dengan gerakan Aku Cinta Bumi nya yang kerap mengadakan kegiatan-kegiatan bertema lingkungan dan cinta bumi untuk anak-anak. Mulai lomba foto, belajar menanam pohon dan mendaur ulang sampah plastik menjadi barang-barang menarik. Atau mendatangi event-event pameran bertema lingkungan seperti Green Exhibition yang sudah dilaksanakan beberapa minggu lalu di parkir timur senayan.

Jadi, belajar Lingkungan,Yuk!

Komentar