Field Trip Murah Ala Nadhifa

Salahsatu cara yang kami tempuh dalam mempelajari suatu hal adalah dengan field trip.


Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi, Sea World, Masjid Istiqlal, Kebun Binatang, Museum Nasional , adalah beberapa tempat yang pernah kami kunjungi khusus untuk belajar. Yang khas dari setiap field trip Aisha dan Maliq adalah saya selalu menggunakan anggaran seminimal mungkin. Angkutan umum berbagai jenis merupakan tujuan utama : becak, angkot, busway, KRL dan bajaj sudah pernah kami coba.

Tentu saja saya memperhitungkan kenyamanan Maliq dan Aisha, karena mereka tidak bisa mempelajari sesuatu hal di tempat tujuan jika kondisi badannya capek apalagi lapar. Tipsnya adalah :

1. Berangkatlah sepagi mungkin. Sebelum jam 8 pagi lalu lintas belum begitu ramai, udara juga masih cukup sejuk. Plus, kendaraan umum di hari Sabtu/Minggu pagi, yang biasa kami pilh untuk field trip, tidak begitu padat.
2. Bawa satu tas berukuran sedang, terlalu kecil berarti kurang persediaan, terlalu besar atau beberapa tas, apalagi yang dijinjing, berarti sulit dibawa naik angkutan umum. –travel bag yang kami miliki jenis yang dikeluarkan oleh sebuah produsen peralatan makan plastik sebagai paket member. Ada 3 bagian tas yang biasa saya gunakan untuk keperluan jalan-jalan singkat
3. Jaket bertudung atau ponco adalah peralatan wajib. Beli yang tidak terlalu tebal, berguna waktu cuaca panas atau gerimis. Tapi, jangan dipakaikan pada anak kalau tidak diperlukan. Diikat dipinggang anak perempuan atau digulung kecil didalam tas lebih praktis.
4. Semua kosmetik anak berukuran kecil atau sachet. Bedak, hand sanitizer dan kayu putih. Untuk sabun, sekarang ada produsen tissue basah yang menyertakan sabun sachet pada kemasan kecil tissue nya. Masukkan semuanya dalam kantung plastik kecil.
5. Sempatkan mencuci tangan dan muka anak-anak dengan sabun sebelum makan siang atau sebelum pulang. Jika kamar mandi umum terlalu kotor, gunakan saja air minum kemasan. Sedapat mungkin, sempatkan juga mengganti pakaian mereka dan memberi bedak. Perjalanan dengan angkutan umum bisa benar-benar tidak nyaman untuk anak-anak.
6. Bawa makanan ringan dan air minum untuk satu kali perjalanan supaya tidak terlalu berat. Sekarang dimanapun bisa ditemui minimarket, sehingga sebelum pulang,jika cukup jauh, makanan ringan bisa dibeli dimana saja. Tapi jangan membeli makanan diperjalanan, ini hampir-hampir tidak mungkin dilakukan jika anda menggunakan kendaraan umum.
7. Terakhir, alas kaki dan pakaian yang nyaman. Sepatu olah raga dengan kaos kaki yang tidak begitu tebal paling enak. Termasuk untuk ibunya, lupakan sedikit fashion.

Berikut adalah beberapa jalur fieldtrip dari Bekasi dengan angkutan umum yang pernah kami lakukan :

• Masjid Istiqlal –Museum Nasional –Museum Bank Mandiri
Naik KRL jam 7 pagi, turun di stasiun senen. Lalu naik bajaj (untuk mencoba kendaraan ini, sebetulnya kereta Bekasi ekspress ada yang melalui stasiun Gambir) sampai di Istiqlal. Disini anak-anak bisa bermain, beristirahat, mempelajari bangunan masjid dan perpustakaannya. Boleh makan dan minum di pelataran masjid. Lalu keluar dari pintu utara bisa jalan kaki ke Monumen Nasional.

Lalu dengan Bus Kota dari pintu utara Masjid, lanjut ke Museum Nasional. Dari depan Museum Nasional, ada halte busway yang kami gunakan untuk melanjutkan perjalanan ke Museum Bank Mandiri. Istirahat di Museum Bank Mandiri, kembali ke Bekasi dengan KRL dari stasiun kota.

Sempat makan siang di rumah.

• Kebun Raya Bogor-Museum Zoologi-Istana Bogor -Taman Topi
Naik Bis Antar Kota jam 6 pagi, langsung dari Terminal Bekasi ke Terminal Baranangsiang. Naik angkot nomor 06 jurusan Ramayana. Turun di depan pintu masuk Istana (tidak masuk), lalu membeli wortel dari pedagang kakilima dan member makan Kijang dari pagar sambil beristirahat sejenak. Lanjut naik delman ke kebun raya bogor , keliling menggunakan mobil sewa 30ribu, berhenti di Museum Zoologi. Bisa ganjal perut di kafe museum sebelum keluar dan makan siang di Taman Topi. Lalu masuk ke Taman Ade Irma Suryani untuk bermain. Pulang naik kereta pakuan dari stasiun Bogor ke Stasiun Kota dilanjutkan naik KRL ke Bekasi.

*  Kebun Binatang Ragunan
Naik angkutan umum jam enam pagi ke Terminal Pulo gadung, Lalu naik busway sampai Halimun, ganti Busway ke Ragunan. Pulang dengan jalur sama, sempat makan siang di rumah

• Taman Mini Indonesia Indah
Berhubung waktu melakukan ini kami berempat, dan ada 3 kali ganti angkutan umum untuk menuju lokasi, maka lebih murah jika langsung menggunakan taksi. Perhitungan biaya seperti ini juga kami terapkan dalam setiap field trip.

Demikian, selamat mencoba.



Komentar

  1. Posting ini diterbitkan di www.bloggerbekasi.com dengan judul "jalan-jalan murah dari bekasi" dengan sedikit penyesuaian kalimat -Penulis

    BalasHapus

Posting Komentar