Si Kartu Prestasi

Kartu Prestasi cuma istilah.

Saya sudah menggunakannya selama beberapa bulan. Cuma selembar kertas yang ditulisi kegiatan yang biasa dilakukan oleh Maliq dan Aisha sehari-hari. Seperti membaca Al Quran/Iqra, bersikap baik dan English/Math atau buku abc/123. Kalau hari itu hasilnya baik, saya atau si Mbak akan memberi tanda bintang, kalau kurang atau tidak baik akan memberi tanda silang.

Setiap hari minggu, kami meninjau si Kartu. Sebelumnya sudah dibuat kesepakatan misalnya kalau di kolom "bersikap baik" berisi lebih dari 4 bintang maka minggu itu kami pergi berenang, atau jika berhasil menyelesaikan tadarus hingga halaman tertentu maka boleh memilih sebuah mainan baru dan seterusnya.

Sampai saat ini kami menyukai keberadaan si kartu prestasi. Termasuk Maliq yang bahkan belum bisa membaca, sudah bisa mengatakan "minta bintang" untuk menyatakan ia sudah bersikap baik.

Kartu ini isinya tidak tetap, pertama kali saya melihat template untuk kartu sejenis di www.dltk-cards.com lalu di website Donna Young. Isinya saya modifikasi sesuai "kurikulum" kami. Misalnya saja bulan ini ada tulisan "Mengerjakan urusan Pribadi" di kartu prestasi Aisha, maksudnya untuk urusan mandi, ke kamar kecil, makan dan tidur, dia diharapkan untuk melakukannya sendiri.

Nah, untuk ramadhan kali ini, kami membuat kartu prestasi khusus : Kartu Prestasi Ramadhan !

Komentar