Berhitung Maju Untuk Pengurangan

39-27 = ; 117-99 = ;89 -78 = ;97 - 88 = ;37 -29

Mungkin metode berhitung maju untuk pengurangan sudah pernah diajarkan seseorang atau bahkan ditulis di sebuah buku. Karena sudah ada banyak sekali metode berhitung ada yang pakai alat dari negeri Cina sampai kembali ke ciptaan Tuhan : pakai jari.

Tapi kalau cara perhitungan disimpulkan oleh seorang berusia5 tahun 11 bulan, walaupun sudah dipatenkan jadinya begitu istimewa.

Tadi malam saya belajar matematika bersama Aisha. Untuk masalah penjumlahan, dia sudah cukup lancar, tinggal menambah latihan untuk pejumlahan ratusan dan puluhan yang menggunakan metode simpan. Tapi untuk pengurangan, Aishaagak tertinggal.

Pernah membaca di suatu tempat kalau anak cenderung lebih mudah menghitung maju daripada mundur. Inilah yang dilakukan Aisha. Pada saat latihan pengurangan dengan angka sampai dengan 10, dia masih menggunakan metode hitung mundur. Begitu soal pengurangannya seperti yang ditulis diawal entri ini, tiba-tiba dia "mendapat Ide" untuk menghitung maju.

Jadi, alih-alih berhitung mundur sampai 19 untuk soal 27 -19, Aisha berhitung maju dari 19 dan mendapatkan angka 8 untuk jawabannya. Soal-soal diataspun diselesaikannya dengan sangat cepat.

Komentar