Andini Rizky dan Belajar Bahasa Jepang

Ada seorang penerjemah bahasa Jepang profesional yang senang berbagi mengenai pengetahuannya yang luas mengenai bahasa negeri sakura ini. Dialah Andini Rizky. Disitusnya http://www.andinirizky.com/ maupun melalui posting-postingnya di facebook andinirizky penerjemah bahasa Jepang, beliau senantiasa berbagi mengenai "the nihon go".


Salah satu sharingnya hari ini sangat menarik, sebuah situs untuk belajar bahasa jepagg tingkat dasar  http://japanese-lesson.com/index.html .Ada pelajaran dasar mengenai huruf-huruf Hiragana dan katakana serta vocabulary dan conversation,latihan menulis kanji dan lembar kerja/worksheet yang bisa didownload.

Dari pengalaman saya sendiri belajar bahasa jepang sebagai bahasa ketiga setelah inggris dan bahasa ibu saya, butuh waktu yang tidak sebentar dan jelas memerlukan bimbingan seorang sensei (guru). Apalagi saya mempelajarinya melalui jalur informal alias kursus putus sambung, orang jepang di kantor, buku pinjaman dari perpustakaan japan foundation , Aam Sensei - yang dulu sih salah satu dosen STBA JIA Bekasi, dan  Junko Hiyama sensei -isteri atasan saya, namun beberapa tahun belakangan ini sayangnya kehilangan kontak dengan beliau-beliau ini. Dengan demikian, saya hanya mampu menembus level 3 noryoku shiken dan sekali gagal di level 2, saya enggan mencoba lagi. Tentunya latar belakang sekolah kimia di kepala saya juga sulit di hilangkan waktu mempelajari bahasa.

"Menemukan" Andini Rizky sensei adalah kebahagiaan tersendiri buat saya, secara hingga hari ini saya belum pernah bertemu dengan beliau secara langsung tetapi dari tulisan-tulisannya di http://www.andinirizky.com/ dan postingnya melalui facebook sangat-sangat menyegarkan ingatan saya akan teori dan hukum-hukum grammar bahasa yang sudah saya dengar,pelajari dan gunakan di tempat kerja selama 11 tahun terakhir ini.

Domo arigatou gozaimasu, sensei!

Komentar

  1. サンキュー, Mbak Aniek (^_^) Aiyaa... sampai ditulis di blog post segala. Ge-er deh.

    BalasHapus
  2. Yoroshiku, sensei ... saya menulis hal-hal yang membuat saya terkesan ...

    BalasHapus
  3. Selamat siang.
    Saya Bagus, peminat bahasa Jepang juga. Kalau boleh tahu, blog Bu Andini Rizki tersebut sekarang sudah tidak bisa diakses ya? Mohon informasinya jika Anda mengetahui. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa belum centang kotak "beritahu saya" :D

      Hapus

Posting Komentar