Belajar tentang biografi tokoh dari tanggal Lahir

Berawal dari pencarian bahan pelajaran yang bertema ulang tahun, saya menemukan sebuah fakta menarik mengenai tokoh-tokoh yang lahir pada tanggal yang sama dengan kami. Tokoh-tokoh tersebut adalah, semuanya kepala/pemimpin negara.

Berikut adalah datanya :

Tanggal Lahir Tokoh yang lahir pada tanggal yang sama

1-Dec (Papi) Raja Louis VI (Perancis)

Raja Louis VI Lahir di Paris, 1 Desember 1081 dan meninggal di Bethisy Saint-Pierre, memerintah Perancis dari tahun 1108 sampai kematiannya tahun 1137. Julukannya adalah "yang gendut -le gros", hampir seluruh masa pemerintahannya dihabiskan untuk melawan Baron perampok.  [dari wikipedia dan brittanica]

27-Aug (Kakak) Lyndon B Johnson (Presiden AS)



Lahir di Tekas, 27 Agustus 1908. Terpilih sebagai wakil presiden AS mendampingi John F.Kennedy pada 22 November 1963. Pada tahun 1964, Johnson memenangkan kepresidenan dengan 61 persen suara. Di masa pemerintahannya, Amerika Serikat mencatat sejarah spektakuler dalam bidang penjelajahan luar angkasa. Ketika 3 orang astronot berhasil mengorbit di Bulan pada  Desember 1968, Johnson memberi mereka ucapan selamat : "You've taken ... all of us, all over the world, into a new era. .
Beliau meninggal di Texas 22 Januari  1973. [dari http://www.whitehouse.gov/]

16-Feb (Maliq) Kim Jong II (Korea Utara)

Lahir pada 16 Februari 1941 (1942,versi resmi biografinya) di Khabarovsk, USSR. Menjabat sebagai pemimpin Korea Utara sejak 1994. Kim jong il adalah penggemar film fanatik, konon memiliki lebih dari 20000koleksi film. Kim yang mendapat julukan Dear Leader juga menjabat sebagai Ketua Komisi Pertahanan Nasional dan Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea. Ulang tahunnya dirayakan sebagai salah satu hari libur di Korut. [dari wikipedia dan http://www.globalsecurity.org/ ]



22-Apr (Mami) Lenin (Kepala Negara de Facto Uni Soviet pertama)

Vladimir Illich Lenin (huruf Sirilik: Влади́мир Ильи́ч Ле́нин). Nama aslinya adalah Vladimir Ilyich Ulyanov (huruf Sirilik: Влади́мир Ильи́ч Улья́нов) (lahir di Simbirsk, Rusia, 22 April 1870 – meninggal 21 Januari 1924 pada umur 53 tahun), adalah seorang revolusioner komunis Rusia, pemimpin partai Bolshevik, Perdana Menteri Uni Soviet pertama, Kepala Negara de facto pertama Uni Soviet dan pencipta paham Leninisme

[dari wikipedia]

Sebuah e-book gratis mengenai tokoh ini bisa diperoleh di : http://www.marxists.org/archive/lenin/ , Lenin Internet Archive.
Tanggal Pernikahan Mami dan Papi : 9 Mei

Uniknya lagi, tanggal pernikahan saya dan suami sama dengan tanggal lahir 2 tokoh pemimpin jaman dulu (wanita dan laki-laki) yaitu :

Minamoto no Yuritomo (Shogun pertama jepang)

Minamoto no Yoritomo (源 頼朝?, 9 Mei 1147—9 Februari 1199) adalah pendiri sekaligus shogun pertama Keshogunan Kamakura. Lahir sebagai putra ketiga Minamoto no Yoshitomo, ayahnya adalah garis keturunan utama Kawachi Genji (klan Minamoto dari Kawachi).


Minamoto no yuritomo memulai karier militer sebagai Tōryō (kepala klan minamoto) di wilayah Kanto, Jabatan kepala klan bukan merupakan jabatan resmi di bawah sistem hukum Ritsuryo, dan kedudukan Yoritomo tidak jauh berbeda dengan Taira no masakado atau pemimpin pemberontak lain di daerah.


Pada tahun 1190, Yoritomo diangkat sebagai jenderal pengawal kaisar (Ukone no taisho) yang merupakan posisi resmi dalam pemerintahan. Jabatan sebagai jenderal pengawal kaisar mengharuskannya tinggal di ibu kota Kyoto. Jabatan ini tidak sesuai bagi Yoritomo yang berambisi menguasai secara total wilayah Kanto, Yoritomo mengundurkan diri dari jabatan jenderal pengawal kaisar, namun tetap mempertahankan hak istimewa sebagai mantan jenderal tertinggi (Sakino-u Taishō).

Setelah mantan Kaisar Go-shirakawa mangkat, Minamoto Yoritomo diangkat sebagai Sei-i Taishōgun pada tanggal 21 agustus 1192, Pemerintahan militer yang didirikan Yoritomo di Kamakura dikenal sebagai Keshogunan kamakura
[dari http://www.akatsuki-rider.co.cc/2009_12_01_archive.html ]

Zita of bourbon-parma (kaisar wanita Austria Hongaria)

Princess Zita of Bourbon-Parma (Zita Maria delle Grazie Adelgonda Micaela Raffaela Gabriella Giuseppina Antonia Luisa Agnese; 9 Mei 1892 - 14 Maret 1989) adalah istri Kaisar Charles dari Austria . As such, she was the last Empress of Austria , Queen of Hungary , and Queen of Bohemia . Karena itu, dia adalah yang terakhir Ratu Austria , Ratu Hongaria , dan Ratu Bohemia .

 sumber : http://en.wikipedia.org/

Kalau dilihat dari aliran politiknya..boleh dikatakan saya dan ade adalah kaum revolusioner, lalu Kakak dan Papi adalah demokrat. Walaupun demikian, papi adalah raja..

Hmmm..interesting, isn't it?

Komentar